RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Cisitu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / Genap
Aspek/Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi :
1. Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan monolog pendek terutama wacana yang berbentuk naratif, deskriptif, dan recount sederhana.
Kompetensi Dasar :
1.1 Memahami wacana transaksional dan interpersonal serta monolog lisan pendek terutama yang berbentuk naratif dan deskriptif.
Indikator :
1.1.1 Mengidentifikasi makna dalam teks fungsional pendek berupa teks lagu.
1.1.2 Melengkapi teks fungsional pendek dengan kata atau frase yang disimak
1.1.3 Mengidentifikasi pola kalimat the present continous tense yang digunakan dalam teks lagu.
1.1.4 Menggunakan the present continous tense dengan tepat.
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa didik belajar maka siswa diharapkan dapat:
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks yang disimak
b. Melengkapi teks berbentuk lagu dengan kata atau frase yang tepat.
c. Menyusun pola kalimat the present continous tense
B. Materi Pembelajaran:
Teks Fungsional Pendek berupa lagu tradisional sunda versi bahasa Inggris :
CING CANG KELING (English Version)
Arranged by Mamat Rahmat, S.Pd
Cing cang keeling
A cingkleung bird is ….(1)….
Plos going down
Mr. Satar is …..(2)……
Come all my friends
Let’s sing a song we’ll get fun
Please don’t be sad
We are….(3)…..to make friends
Come don’t be ….(4)….
We want …(5)….your best friend
….(6)….all my hands
Then we can…(7)…..together
Missing words: whistling, trying, singing, shy, to be, shake, dance
C. Metode / Teknik : Three Phase Technique
D. Langkah – langkah :
Pertemuan ke - 1
a. Kegiatan Awal
- Salam dan tegur sapa (Greetings)
- Mengabsen siswa
- Tanya jawab seputar tema
a. Kegiatan Inti
1. Siswa menyimak teks lisan berupa lagu yang dinyanyikan oleh guru dengan iringan alat musik gitar
2. Siswa melengkapi teks lisan pendek berupa lagu yang belum lengkap dengan kata - kata yang tepat yang dinyanyikan oleh guru
3. Siswa mendiskusikan hasil latihan dengan bimbingan guru
4. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks lisan berupa lagu yang dinyanyikan oleh guru
5. Siswa melengkapi pola kalimat present continous tense
6. Siswa mendiskusikan hasil latihan dengan bimbingan guru.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa.
2. Menyimpulkan materi pembelajaran
3. Guru menugaskan siswa untuk mengubah kalimat berpola simple present tense ke dalam pola present continous tense
E. Sumber Belajar
1. Script teks fungsional berupa lagu
2. CTL Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Buku Siswa Kelas VII, Dirjen Manajemen Dikdasmen, Depdiknas 2007.
3. LKS Intensif Bahasa Inggris VII A
F. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan dan tes tulis
2. Bentuk : Melengkapi teks lisan
3. Instrumen :
Listen to the text read by the teacher and complete the missing words!
Ahmad : Hi, Umar! Can we…(1)…and…(2)…
Umar : Sorry, Ahmad. I’am…(3)…
Ahmad : What are you…(4)…
Umar : I am…(5)…my mother. We are…(6)…the house
Ahmad : Are you?
Umar : Yes, we …(7)…every year. We…(8)…during the holiday
Ahmad : That’s good! Can I …(9)….you?
Umar : Sure, Let’s …(10)…busy!
Keys:
1. go out 2. play 3. busy 4. doing 5. helping
6. cleaning 7. do 8. clean up 9. help 10. get
4. Pedoman Penilaian:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Cisitu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : IX / Genap
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi :
9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dan monolog pendek sederhana berbentuk naratif dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari – hari.
Kompetensi Dasar :
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari – hari yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan keyakinan dan ketidakyakinan.
Indikator :
9.1.2 Bertanya tentang keyakinan dan ketidakyakinan
9.1.3 Menjawab pertanyaan tentang keyakinan dan ketidakyakinan
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa didik belajar maka siswa diharapkan dapat:
1. Menjawab pertanyaan berdasarkan dialog yang diberikan
2. Menemukan arti kosakata dan tata bahasa yang digunakan dalam percakapan
3. Menirukan percakapan tentang ungkapan keyakinan dan ketidakyakinan
4. Membuat kalimat ungkapan keyakinan dan ketidakyakinan sesuai dengan situasi yang diberikan.
5. Melakukan monolog dengan menggunakan ungkapan keyakinan dan ketidakyakinan.
B. Materi Pembelajaran :
Ahmad : Are you sure you will be the winner of the competition?
Dani : Yes, Certainly, it is not big deal for me
Ahmad : Why are you so sure?
Dani : Because, I had practised very hard
C. Metode / Teknik : Role Play
D. Langkah – langkah :
a. Kegiatan awal
- Salam dan tegur sapa (greetings)
- Mengabsen siswa
- Tanya jawab seputar tema yang akan diajarkan
b. Kegiatan inti
1. Siswa membaca teks yang berisi ungkapan tentang keyakinan dan ketidakyakinan
2. Siswa sesuai kelompoknya masing – masing membagi peran berdasarkan dialog yang dipelajari pada wktu siklus 1
3. Siswa mempresentasikan dialog di depan kelas sesuai peran dan cerita masing – masing kelompok secara bertgantian
4. Siswa menjawab pertanyaan dari teks dialog yang diberikan
5. Memeriksa hasil pekerjaan dengan bimbingan guru
6. Menentukan kata, makna dan bentuk kata yang digunakan dalam dialog yang dipelajari
7. Siswa membuat/menyusun dialog berdasarkan urutan gambar dan situasi yang diberikan
8. Siswa melakukan tanya jawab sederhana berdasarkan gambar dan situasi yang diberikan
c. Kegiatana akhir
1. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami ungkapan keyakinan dan ketidakyakinan
2. Menyimpulkan materi
3. Melaksanakan tes sesuai materi yang dipelajari
4. Menugaskan siswa membuat contoh dialog dengan menggunakan ungkapan keyakinan dan ketidakyakinan
E. Sumber Belajar
1. CTL Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Buku Siswa Kelas IX, Dirjen Dikdasmen, Depdiknas, 2007
2. LKS “Intensif” Bahasa Inggris Kelas IX B
F. Penilaian
1. Teknik : Tes Lisan
2. Bentuk : Performance
3. Instrumen :
Look at this picture! Make questions and answer based on the pictures using certinity and uncertainity expression! (gambar terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Cisitu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : IX / Genap
Aspek/Skill : Membaca
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi :
11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esi pendek sederhana berbentuk narrative dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari – hari.
Kompetensi Dasar :
11.1 Membaca nyaring bermakna teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berebentuk narrative dan report dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehiduoan sehari – hari.
11.2 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari – hari.
Indikator :
11.1.1 Membaca nyaring dan bermakna teks monolog berbentuk narrative.
11.2.1 Mengidentifikasi makna dalam teks monolog berbentuk narrative
11.2.2 Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk narrative
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa didik belajar maka siswa diharapkan dapat:
1. Membaca nyaring teks monolog pendek narrative
2. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
3. Menjawab pertanyan terkait jenis teks, tujuan komunikatif, ciri kebahasaan, dan langkah retorika.
4. Tanya jawab terkait tema , topik, dan jenis teks.
B. Materi Pembelajaran:
Teks monolog berbentuk narrative dengan judul,
”THE LEGEND OF MOUNT TAMPOMAS”
(Teks terjemahan cerita rakyat Sumedang oleh Mamat Rahmat, S.Pd)
C. Metode / Teknik : Three Phase Technique
D. Langkah – langkah :
a. Kegiatan Awal
- Salam dan tegur sapa (greetings)
- Mengabsen siswa
- Tanya jawab seputar tema yang akan dipelajari
b. Kegiatan inti
1. Siswa membaca teks berjudul “The Legend of Mount Tampomas” dengan nyaring dan bermakna.
2. Siswa menyatakan Benar – Salah informasi sesuai dengan isi teks bacaan
3. Siswa menjawab pertanyaan dari teks bacaan terkait jenis teks, tujuan komunikatif, ciri kebahasaan, dan langkah retorika.
4. Siswa mendiskusikan hasil pekerjaan dengan bimbingan guru
5. Siswa melakukan Tanya jawab terkait teks monolog pendek yang dibahas dengan panduan guru
c. Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa
2. Menyimpulkan materi
3. Guru menugaskan siswa mencari jenis teks narrative yang lain dari majalah atau cerita rakyat penduduk lokal.
E. Sumber Belajar
1. Skrip terjemahan cerita rakyat Sumedang oleh Mamat Rahmat, S.Pd
2. CTL Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Buku Siswa kelas IX, Dirjen Manajemen Dikdasmen, Depdiknas, 2007
3. Majalah dan Chart
F. Penilaian
1. Indikator : Menjawab pertanyaan dari teks bacaan terkait jenis teks, tujuan komunikatif, ciri kebahasaan, dan langkah retorika.
2. Teknik : Tes tertulis
3. Bentuk : Pilihan Ganda dan Uraian
4. Instrumen
Teks bacaan dengan judul “GOLDILOCKS AND THE THREE BEARS”
(Adapted from CTL Bahasa Inggris Kelas IX, halaman 122)
I. Answer the questions below based on the text by crossing a, b, c, or d!
1. Why did the three bears take a walk that morning?
a. to get a cool air c. to let their porridge cool
b. to get refresh d. to get breakfast
2. What did the Goldilocks smell?
a. The porridge c. The soup
b. The cookies d. The donuts
3. “Then she sat on the big chair” The word she refers to….
a. mama bear c. baby bear
b. the writer d. Goldilocks
4. How did Goldilocks feel after eating the porridge?
a. She felt happy c. she felt awful
b. she wanted to get fresh air d. she wanted to get some sleep
5. Paragraph four tells about….
a. The three bears took a walk c. The three bears got breakfast
b. Goldilocks found the bear’s house d. The three bears came home from a walk
II. Answer the questions based on the text correctly!
1. What does the writer say to start the story?
2. What does the writer tell you to show that a problem started to happen?
3. What were the problems in the story?
4. What was the most serious problem in the story?
5. How does the writer end the story?
5. Pedoman Penilaian:
a. Setiap jawaban benar berbobot nilai 1 untuk pilihan ganda dan berbobot nilai 2 untuk soal uraian.
b. Nilai siswa = ( Skor I + Skor II) X 2
5
6. Rubrik Penilaian
a. Untuk soal bagian I, pilihan jawaban benar = 1
b. Untuk soal bagian II, isi benar, tata bahasa benar, penulisan tepat = 2
c. Isi benar, tata bahasa benar, penulisan kurang tepat atau salah satu unsurnya = 1,5.
d. Isi kurang tepat, tata bahasa kurang tepat, penulisan kurang tepat = 1
e. Isi, tata bahasa, dan penulisan tidak bias dipahami = 0,5
f. Tidak menulis apa – apa = 0
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Cisitu
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Aspek/Skill : Menulis
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi :
1. Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan monolog pendek terutama wacana yang berbentuk naratif, deskriptif dan recount sederhana.
Kompetensi Dasar :
1.4 Mengungkapkan berbagai makna dengan langkah – langkah pengembangan retorika yang benar di dalam teks tertulis
Indikator :
1.4.1 Menulis kalimat fungsional (komunikatif) sederhana
1.4.2 Menulis pesan, pengumuman singkat, dan kartu – kartu.
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa didik belajar maka siswa diharapkan dapat:
a. Bertanya jawab tentang tanggal lahir teman
b. Menulis hasil Tanya jawab tersebut di dalam tabel
c. Menginterview teman untuk mengetahui identitasnya
d. Membuat kartu identitas berdasarkan data yang diperoleh, lalu membacanya dengan nyaring
B. Materi Pembelajaran:
1. Data tentang tanggal lahir teman
Contoh:
Ahmad : Where and When were you born, Yanti?
Yanti : I was born in Surabaya 3rd of June 1997
Name Place, Date of Birth
Andi Suseno
Ahmad Gani
Budi Gunadi
Yanti Sumedang, 5Th of January 1997
Bandung, 2nd of May 1996
Majalengka, 29th of December 1997
Surabaya, 3rd of June 1997
2. Identity Card
Firda : Have you got your OSIS member card?
Ridho : Yes I have
Firda : May I take a look?
Ridho : Sure, here it is
OSIS MEMBER CARD
SMP NEGERI 1 SUMBERJAYA
Name : Ridho Amanah
Place, Date of Birth : Sumedang. 7th of July 1998
Address : Aggrek street, Cisitu
SUMEDANG
Class/Grade : VII A
Headmaster Student’s Signature
Drs. Yaya Nurinta Ridho Amanah
C. Metode / Teknik : Three Phase Technique
D. Langkah – langkah :
a. Kegiatan Awal
- Salam dan tegur sapa (Greetings)
- Mengabsen siswa
- Tanya jawab seputar tem yang akan diajarkan
b. Kegiatan Inti
1. Siswa menyimak penjelasan guru
2. Siswa bertanya jawab dengan teman sekelasnya untuk melengkapi tabel tempat dan tanggal lahir
3. Mendiskusikan hasil latihan dengan bimbingan guru
4. Siswa menyimak penjelasan guru
5. Siswa melengkapi kartu identitas lengkap sesuai dengan situasi yang diberikan
6. Mendiskusikan hasil latihan dengan bimbingan guru
E. Sumber Belajar
1. CTL Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Buku Siswa Kelas VII, Dirjen Manajemen Dikdasmen, Depdiknas, 2007.
2. LKS “Intensif” Bahasa Inggris VII A
3. Beberapa jenis kartu identitas (KTP, SIM, Kartu OSIS) dan Chart
F. Penilaian
1. Teknik : Tes Tulis
2. Bentuk : Uraian bebas
3. Instrumen
“Make an identity card of your friend and share your work with the class!”
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Sumberjaya
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / Genap
Aspek/ Skill : Mendengarkan
Alokasi Waktu : 2 X 40 menit
Standar Kompetensi :
1. Berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan menggunakan ragam bahasa yang sesuai dengan lancar dan akurat dalam wacana interaksional dan monolog pendek terutama wacana yang berbentuk naratif, deskriptif, dan recount sederhana.
Kompetensi Dasar :
1.1 Memahami wacana transaksional dan interpersonal ringan serta monolog lisan pendek terutama yang berbentuk naratif dan deskriptif.
Indikator :
1.1.1 Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks berbentuk lagu
1.1.2 Mengidentifikasi pola kalimat the present continous tense yang digunakan dalam teks berbentuk lagu
1.1.3 Menggunakan the present continous tense dengan tepat
A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah siswa didik belajar maka siswa diharapka dapat:
a. Menyimak teks deskriptif berbentuk lagu dengan baik
b. Melengkapi teks berbentuk lagu dengan tepat
c. Menjawab pertanyaan dari teks yang disimak
d. Menysusun pola kalimat present continous tense
B. Materi Pembelajaran:
Lagu tradisional sunda versi bahasa Inggris
CING CANGKELING (English Version)
By Mamat Rahmat,S.Pd.
Cing Cangkeling
A Cingkleung bird is…(1)…
Plos going down
Mr. Satar is…(2)…
Come all my friends
Let’s sing a song we’ll get fun
Please don’t be sad
We are…(3)… to make friends
Come don’t be…(4)…
We want ….(5)…your best friend
…(6)…all my hands
Then we can…(7)…together
Missing words: whistling, trying, singing, ashamed, to be, shake, dance
C. Metode / Teknik : Teaching English through song
D. Langkah – langkah :
a. Kegiatan Awal
- Salam dan tegur sapa (greetings)
- Mengabsen siswa
- Tanya jawab seputar tema/materi
b. Kegiatan Inti
1. Siswa menyimak sebuah lagu yang dinyanyikan oleh guru
2. Siswa melengkapi teks lagu yang belum lengkap dengan kata – kata yang tepat
3. Mendiskusikan hasil latihan dengan bimbingan guru
4. Menemukan informasi yang terkandung dalam teks lagu
5. Menemukan pola kalimat present continous tense yang digunakan dalam lagu
6. Mendiskusikan hasil latihan dengan bimbingan guru.
c. Kegiatan Akhir
1. Guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa
2. Menyimpulkan materi
3. Guru menugaskan siswa untuk mengubah kalimat berpola simple present tense ke dalam present continous tense.
E. Sumber Belajar
1. Teks lagu dan alat musik
2. CTL Mata pelajaran Bahasa Inggris Buku Siswa Kelas VII, Dirjen Manajemen Dikdasmen, Depdiknas, 2007.
3. LKS “Intensif” Bahasa Inggris Kelas VII B
F. Penilaian
1. Teknik : Tes lisan
2. Bentuk : Melengkapi
3. Instrumen
Listen to the text read by the teacher and complete the missing words!
Danny : Hi Wisnu, Can we …(1)…and …(2)…?
Wisnu : Sorry Danny, I’m…(3)…
Danny : What re you…(4)…?
Wisnu : I am …(5)…my mother. We are…(6)…the house.
Danny : Are you?
Wisnu : Yes, We…(7)…this every year. We …(8)…during the holiday
Danny : That’s good! Can I …(9)…you?
Wisnu : Sure, Let’s…(10)…busy!
Keys:
1. go out 2. play 3. Busy 4. doing 5. helping
6. cleaning 7. do 8. clean up 9. help 10. get
Mengetahui Majalengka, Januari 2008
Kepala Sekolah Guru Mata pelajaran
Dedi Rasidin, S.Pd. Mamat Rahmat, S.Pd
NIP. 131 097 990 NIP.131 954 976
Listen to the ext and complete the text with the correct words!
1. Monday to Thursday , September, 18 – 21, is PORSENI. It is done to …(1)… the students’ talent and …(2)… at school. Each class must …(3)…it. There are four…(4)… held in PORSENI. They are futsal, …(5)…, English speech competition, basket ball match, and dance competition. All competition can be followed by boys and girls. For more …(6)…..,please….(7)….your class techer.
2. listen to the short message read by the teacher, and answer the questions based on the text you listen to!
Dear Andika,
We are sorry to hear that you are sick.
Anyway, we all hope that you will get well soon.
Yours truly,
Amarta
1. Who send the message?
2. What is the purpose of the text?
3. What do Andika and his friends hope?
Keys:
1. develope 2. 1. Andika
2. creativity 2. Expressing sorry
3. competition 3. Amir will get well soon
4. match
5. join
6. information
7. confirm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar