Selasa, 09 November 2010

ENGLISH FOR CHILDREN UNDER FIVE

UNIT I
GREETINGS

Langkah – langkah pembelajaran:
1. Anak diberi contoh pengucapan dan pelafalan ungkapan salam oleh guru dengan benar
2. Anak menirukan ucapan guru dengan benar
3. Anak dibimbing untuk melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan ungkapan salam
4. Anak melakukan percakapan dengan teman – temannya dengan bimbingan guru

Alokasi waktu : 4 kali pertemuan

1. Materi pembelajaran:

Teacher : Assalamu’alaikum Wr. Wb! Good morning, children
Children : Wa ‘alaikumussalaam Wr Wbr,
Good morning, Sir/Mam
Teacher : How are you?
Children : I am fine, thank you.
(Anak dilatih sampai lancar mengucapkan ungkapan salam tersebut)

2. Latihan pengucapan dan pelafalan salam

Good morning Good day Good afternoon
Good evening Good night Good bye
How are you I am fine

3. Apabila anak sudah lancar mengucapkan salam, anak dilatih untuk melakukan percakapan sederhana seperti contoh dialog di atas.



Let’s sing a song

a, b, c, d, e, f, g

h, i, j, k, l, m, n

o, p, q, r, s, t, u

v, w, x, y, z



UNIT II
MY NAME IS……..

Langkah – langkah dan alokasi waktu pembelajaran sama dengan Unit I.

1. Anak menyimak percakapan yang dicontohkan guru

Teacher : Hallo, My name is Ali. What is your name?
Chidren : Hallo, My name is Umar. I live in Situnagara

2. Anak dilatih mengucapkan percakapan tersebut sampai lancar

3. Anak dilatih pengucapan dan pelafalan tentang identias diri

Hallo / Hi My name is…… I am ……..
I live in….. What is your name?

4. Anak dilatih percakapan yang dipelajari sampai lancar.


Let’s play a Puzzle
What is it?

A I U

Is this A, E, or D? Is this M or I? Is this O, B, or U?


UNIT III
MY FAMILY

Langkah – langkah dan alokasi waktu pembeljaran sama dengan unit sebelumnya.

1. Anak menyimak percakapan yang diperagakan guru

Zahra : Who is she?
Ahmad : She is my mother
Zahra : Who is he?
Ahmad : He is my father

2. Anak dilatih mengucapkan percakapan tersebut sampai lancar
3. Anak dilatih mengucapkan dan melafalkan kata – kata yang berhubungan dengan keluarga dengan ucapan yang benar

Who is she? Who is he? She is….
He is…. Mother Father
Sister brother grandfather
grandmother

4. Anak dilatih melafalkan kata ganti (Pronoun) melalui lagu berikut dengan benar
You and I, kamu dan saya
He and She, dia dan dia
They – mereka, We – kita
It – inilah, hanya untuk benda

Let’s say it, Marilah ucapkan
You and I, bersama – sama

5. Anak dilatih melakukan percakapan yang dipelajari dengan menggunakan berbagai kata ganti dengan benar


UNIT IV
THIS IS A…./THAT IS A….

Langkah – langkah dan alokasi waktu pembelajaran sama dengan unit sebelumnya.


1. Anak menyimak contoh percakapan yang diperagakan guru


Fallah : What is this?

Usman : This is a book

Fallah : What is that?

Usman : That is a pen

2. Anak dilatih melakukan percakapan dengan cara mengikuti ucapan guru

3. Anak dilatih mengucapkan dan melafalkan kata dan frasa yang berhubungan dengan benda – benda yang ada di sekitar rumah.

What is this? What is that? What is it?
Book pen eraser
Scissors pencil uniform
Table chair picture
Socks shoes shirt
Dress hat bag

4. Anak dilatih melakukan percakapan seperti contoh dengan menggunakan berbagai nama benda yang dipelajari




My Head


This is my eyes
This is my nose
This is my mouth
This is my chin

This is my cheek
This is my ears
This is my hair
This is my head



UNIT V
I WANT TO …..

Langkah – langkah dan alokasi waktu pembelajaran sama dengan unit sebelumnya.

1. Anak menyimak percakapan yang dicontohkan guru


Ari : Mother, I am hungry
Mother : Are you?
Ari : Yes, I want to eat


2. Anak dilatih melakukan percakapan dengan benar

3. Anak dilatih mengucapkan ungkapan keinginan dengan benar


eat
drink
sleep
I want to … play game
study
watch TV
take a bath

4. Anak dilatih melakukan percakapan seperti contoh dengan mengganti berbagai keinginan

5. Anak menyebutkan berbagai gambar kegiatan yang ditunjukkan oleh guru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar